Selasa, 24 Februari 2015

Gille Bro...Indonesia Hasilkan Sampah Seberat 16 Pesawat Boeing Setiap Hari

Sampah. Benda hasil konsumsi manusia, saban hari makin tak terkira jumlahnya. (Sumber)



Sampah, khususnya plastik, sulit terurai secara alami, dan akhirnya 'bersemayam' di tanah, sungai, saluran air, bahkan laut.

Di Indonesia sendiri, sampah kian menjadi polemik, lantaran makin menggunung dan meresahkan. Bahkan, penelitian yang dimuat oleh jurnal ilmiah Science mencatat bahwa Indonesia berada pada peringkat kedua penyumbang sampah plastik terbesar ke lautan dunia.

Bila diukur, saban hari, Indonesia menghasilkan 4000 ton sampah, atau seberat 16 unit pesawat Boeing 747. Wow!

Lantaran itu, Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik membuat petisi bagi Presiden dan Gubernur di Indonesia agar membuatkan peraturan diet kantong plastik.

"Sampah plastik ini adalah masalah serius di Indonesia, sehingga dibutuhkan peraturan dari pemerintah untuk mengurangi dan mencegah pemakaian plastik berlebih," kata pembuat petisi, yang juga Koordinator Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik, Rahyang Nusantara, lewat siaran pers yang diterima Suara.com, Selasa (24/2/2015).

"Desakan masyarakat kepada pemerintah untuk membuat peraturan telah disampaikan lebih dari 10.00 orang lewat petisi di www.change.org/dietkantongplastik," ujarnya.

"Lewat petisi masyarakat meminta Presiden, Gubernur dan kepala daerah di seluruh Indonesia untuk membuat Peraturan Daerah Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik,  sebagai pelaksanaan dari Peraturan Pemerintah No. 81 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. Selain mengatur pengelolaan sampah plastik yang baik, masyarakat juga meminta diterbitkannya peraturan untuk menghentikan pemberian kantong plastik gratis," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar