Rabu, 25 Februari 2015

Unik....Parpol di Meksiko Pilih Calon Legislatif Lewat Lotre

Partai-partai politik di Meksiko berusaha keras meyakinkan pemilih bahwa calon-calon mereka tidak terkait dengan geng narkoba, kekerasan, atau korupsi. (Sumber)



Tetapi, ada satu partai yang berusaha membuktikan transparansi mereka dengan memilih calon-calonnya lewat lotre.

Sekitar 3.000 bakal calon dari Partai Morena, Minggu (22/2/2015), memasukkan nama mereka ke dalam sebuah drum di sebuah lapangan publik. Lebih dari 100 nama kemudian diambil secara acak untuk ikut dalam pemilu parlemen tanggal 7 Juni. Banyak di antara nama itu hanya memiliki sedikit pengalaman politik.

Kantor berita AP melaporkan, Andres Manuel Lopez Obrador, pemimpin partai itu, mengatakan, lotre itu menunjukkan semua calon berkesempatan untuk bersaing.

Metode itu mungkin membuktikan bahwa partai itu berkomitmen terhadap transparansi dibandingkan tradisi di mana partai memilih calon-calonnya secara tertutup ataupun lewat konferensi.

Di Meksiko, hampir mustahil bagi seseorang untuk mencalonkan diri secara independen sehingga pencalonan oleh partai sangat penting. Orang-orang yang terkait geng narkoba sering menjadi calon partai di Meksiko dengan berjanji mendanai sendiri kampanye mereka.

Sejumlah partai lain juga berjanji mengajukan calon-calon yang bersih. Pada pemilu lokal, misalnya, partai-partai meminta kejaksaan agar merilis surat yang menyatakan calon-calon mereka tidak terlibat dalam kasus kejahatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar