Senin, 23 Februari 2015

Harta Karun Viking Berusia 1000 Tahun Berhasil Ditemukan

Timbunan harta Viking berupa artefak emas dan perak berusia lebih dari seribu tahun, ditemukan oleh seorang pemburu harta karun di Skotlandia. Dalam penemuannya, sang pemburu hanya berbekal detektor logam.




Pemburu itu bernama Derek McLennan, seorang pensiunan pengusaha, ia menemukan sedikitnya 100 item logam di dalam sebuah lapangan di Dumfriesshire, Skotlandia.

Diantara yang ditemukan McLennan adalah salib perak padat yang diperkirakan berasal dari abad 9 atau 10, dan sebuah panci perak asal Eropa yang kemungkinan sudah berusia 100 tahun terkubur bersama beberapa objek emas.

"Para ahli telah memulai meneliti temuan, tetapi sudah jelas bahwa ini merupakan harta karun viking terpenting yang pernah ditemukan di Skotlandia," kata Unit Harta karun Skotlandia dalam sebuah pernyataan melansir worldbulletin.

Tahun sebelumnya, timbunan harta Viking ini juga telah ditemukan sekitar 300 koin abad pertengahan ditemukan di daerah yang sama dari Skotlandia.

"Viking ini terkenal karena melakukan penyerangan di masa lalu. Tetapi hari ini kita dapat menghargai apa yang telah mereka tinggalkan," kata sekretaris urusan budaya dan eksternal Skotlandia, Fiona Hyslop.

Viking asal Skandinavia, membuat serangan berturut-turut ke Inggris mulai abad 8 hingga 11. Mereka mengubur barang-barang berharga untuk disimpan dengan aman, yang secara bertahap telah ditemukan oleh generasi pencari harta karun.

Timbunan harta karun Viking abad ke-10 telah ditemukan di Inggris utara pada 2007 lalu, sementara sekitar 8.600 item lainnya ditemukan di barat laut Inggris.

Penemuan terbaru bahkan merupakan temuan paling besar yakni, cangkir perak langka dengan ukiran hewan yang berasal dari Kekaisaran Romawi Suci dan pin burung emas ditemukan di Skotlandia, yang diperkirakan terkubur sekitar tahun 1891.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar