Jumat, 20 Februari 2015

Kreatif Banget.....CV ala Mario Bros ini Dibanjiri Tawaran Pekerjaan

Ketika melamar pekerjaan, hal pertama yang dilakukan adalah membuat CV (Curriculum Vitae) dan resume semenarik mungkin. Caranya? Tergantung kreativitas masing-masing. Seperti resume yang satu ini misalnya? (Sumber)



Hobi bermain video game, Robby Leonardi membuat resume yang terilhami dari hobinya tersebut. Siapa pun yang melihat resumenya pasti setuju kalau caranya menyuguhkan keahlian dan pengalaman kerjanya sangat menarik.

Web designer asal Indonesia ini mengemas pengalaman profesionalnya ala game side-scrolling yang mengingatkan kita pada Mario Bros. Seperti game, Robby membagi CV-nya dalam level 1 sampai 4, dengan karakter pria berkacamata dan berjubah seperti super hero.

Bersifat interaktif, untuk tahu lebih banyak mengenai Robby, pengunjung website dibuat penasaran dengan terus melakukan scrolling dari level 1 sampai 4. Karakter pria berjubah akan bergerak sesuai arahan scrol, mengantarkan cerita pengalaman kerjanya.

Serunya, pengguna seolah diajak bermain game di sini. Karakter super hero akan melompati berbagai rintangan, nyebur dan berenang melewati segerombolan ikan dan kepiting, hingga akhirnya naik balon udara untuk melihat berbagai penghargaan yang diraihnya.


Tampil beda

Ada cerita menarik di balik pembuatan web ini. Alasan Robby membuat interactive resume tersebut ternyata justru bukan untuk mencari kerja. Robby mengaku masih betah bekerja sebagai Digital Media Designer di Fox News. 

Dikatakan pria yang menetap di New York, Amerika Serikat tersebut, keinginan membuat interactive resume didorong niatnya mengikuti kompetisi web design.

"Sebagai designer, biasanya kita punya design portfolio website. Karena saya baru saja mengikutsertakan design portfolio website saya dalam kompetisi sebelumnya, saya harus bikin website baru untuk kompetisi selanjutnya," kata Robby melalui email kepada detikINET, Jumat (20/2/2015).

Robby lantas terpikir membuat interactive resume website. Tujuannya agar kelihatan berbeda dengan websitenya sebelumnya, namun tetap bisa menunjukkan keahliannya di bidang desain.

"Supaya unik, interactive resume website saya kombinasikan dengan video game. Saya belum pernah melihat orang menggabungkan resume dengan video game sebelumnya. Lagipula saya suka menggambar dan main video game, jadi ide ini klop dengan hobi saya," kisahnya.

Hasilnya? Robby sendiri mengaku terkejut. Resume tersebut sukses memikat banyak perusahaan. Bahkan resume ini pun kemudian punya nilai tambah karena sejumlah situs dan blog ternama tertarik mengulas hasil karyanya. 

"Respons yang saya dapatkan benar-benar mengejutkan. Banyak sekali orang yang mengontak saya, banyak juga yang menawarkan pekerjaan. Benar-benar sebuah pengalaman yang unik," ujar lulusan Pratt Institute ini.

Penasaran seperti apa resume yang dibuat Robby? Coba tengok saja http://www.rleonardi.com/interactive-resume/ . Mungkin bisa menginspirasi Anda membuat CV yang tak kalah kreatif.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar