Kamis, 20 November 2014

Gak Bakal Lama Lagi Cokelat Cuma Bisa Dinikmati Orang Kaya.....??

Anda penggemar cokelat mesti bersiap-siap. Membanjirnya pesanan cokelat dari Asia serta isu lingkungan dilaporkan mengancam keberlangsungan penganan cokelat dalam lima tahun mendatang. Bukan tak mungkin, cokelat hanya akan dinikmati orang-orang kaya saja bak kaviar.



Barry Callebaut Group, salah satu raksasa industri cokelat asal Swiss, mengingatkan potensi seretnya pasokan cokelat mentah pada 2020.

Peringatan serupa sebetulnya pernah disampaikan pada 2012 ketika ketika presiden Mars Chocolate dari Inggris, Fiona Dawson mengatakan industri cokelat akan kekurangan tak kurang dari satu juta ton cokelat.

Kondisi ini terjadi karena meningkatnya pertumbuhan ekonomi serta desakan isu lingkungan pertanian kakao di dunia.

Mengutip laporan Albawaba.com, Rabu, 19 November 2014, konsumsi kakao dunia tumbuh rata-rata 3 persen selama 2008-2012.

World Cocoa Foundation (WCF) mengungkapkan lonjakan ini dipicu bertambahnya masyarakat kelas menengah di China, India, dan Brasil.

WCF melaporkan, laju permintaan ini setara dengan produksi kakau yang rata-rata tumbuh 3,1 persen setiap tahun. Sayangnya, di kala permintaan terus tumbuh, produksi kakao justru semakin melambat.

Callebaut menjelaskan, harga kakao naik sebesar 25 persen sepanjang 2013/2014. Dulu harga kakau dijual 1.600 pound sterling menjadi 2.000 pound sterling per ton.

Sebagian besar produksi kakao dunia berasal dari negara Afrik seperti Ghana, Nigeria, Kamerun, dan Pantai Gading yang menguasai 70 persen pasokan dunia. Munculnya epidemi ebola membuat harga kakao terus naik tinggi.

"Dalam 20 tahun lagi, cokelat akan seperti kaviar," kata Jon Mason dari Nature Conservation Research Council. "Cokelat akan semakin langka dan mahal dan orang kebanyakan takkan sanggup membelinya." (Ism)



Sumber : Owunik . blogspot . com - yang unik, emang asyik :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar