Kamis, 20 November 2014

Pria ini Meracik Kopi Menggunakan Teknik Kungfu

Pria bernama Leong Kam Hon ini dijuluki kung fu coffee maker. Betapa tidak, pria 55 tahun asal Makau ini dikenal jago meracik kopi dengan menggunakan teknik kung fu. 

Leong merupakan pemilik Hon Kee, sebuah kafe kecil yang tersembunyi di sebuah galangan kapal yang telah ditinggalkan di Macau. Kafe sederhana ini banyak dikunjungi oleh para pelancong karena kenikmatan kopi dan keunikan cara membuatnya. 

Kepandaiannya dalam menggunakan teknik kung fu dimulai ketika dirinya mengalami kecelakaan fatal pada tahun 1986. Leong yang bekerja di sebuah galangan kapal lokal mengalami kecelakaan yang membuat lengan kirinya hampir putus. 

Karena takut menimbulkan infeksi, ahli bedah menyarankan agar Leong mengamputasi lengan kirinya. Ia menolak saran itu karena baginya tangan adalah bagian terpenting dalam hidupnya. 

"Saya mengatakan kepada dokter 'Saya lebih suka tidak hidup daripada harus hidup tanpa lengan'," katanya kepada CNN.

Kemudian setelah menjalani operasi, Leong dipindahkan ke sebuah rumah sakit di China untuk melakukan transplantasi saraf eksperimental. Operasinya berjalan lancar, tetapi lengannya belum digunakan selama berbulan-bulan dan telah menyusut hingga setipis tongkat bambu.

Selama masa pemulihan, Leong memikirkan alternatif untuk membuka sebuah kafe yang melayani pekerja dari berbagai galangan kapal di pelabuhan di Macau. Pemerintah setempat menolak permohonan izin usahanya pada tahun 1990.

"Mereka mengatakan itu adalah kawasan industri. Tapi saya tetap harus mencari nafkah, jadi saya memutuskan menulis surat kepada Walikota Macau. Beruntung dia mengabulkan permintaan saya," kenangnya.

Leong membangun usahanya sendiri dan mulai berlatih kung fu untuk menguatkan lengannya. Ia juga membangun sebuah boneka kayu dan mulai berlatih kung fu dengan itu. Latihan itu membuatnya pulih secara perlahan dan sejak itu, Leong terus berlatih kung fu setiap pagi.

"Saya bukan master kung fu, tapi itu membantu saya mendapatkan kembali kekuatan saya dan juga membuat saya semakin jago meracik kopi," aku Leong.

Kopi yang diseduh Leong untuk para pelanggan bukan lah kopi istimewa yang disangrai dengan teknik luar biasa, melainkan hanya kopi bubuk instan biasa. Cara Leong membuat kopi lah yang akhirnya membuatnya jadi istimewa.

Hal pertama yang akan dilakukan Leong untuk membuat kopi adalah dengan mengaduk kopi sampai mengental. Proses ini membutuhkan waktu beberapa menit. Ketika air ditambahkan ke kopi, lapisan busa dan krim tebal akan naik ke atas dan menciptakan tekstur yang luar biasa lembut dan bau yang sangat aromatik. 

Leong awalnya sempat ragu pada usaha yang dibangunnya. Namun, ia tetap percaya bahwa kafenya akan bisa bertahan. Hon Kee cafe berlokasi di desa Lai Chi Wun di Coloane, di sisi selatan Macau.









Sumber : Owunik . blogspot . com - yang unik, emang asyik :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar