Kamis, 20 November 2014

Saat Penalti, Milih Jadi Penendang Atau Kiper???

Apa itu penalti….? Pernahkah kalian mengambil tendangan penalti….? Perasaan apa yang kalian rasakan saat mengambil tendangan penalti….?
Berikut sekilas mengenai arti penalti dalam permainan sepakbola...

“…Setelah dua jam pertandingan, tidak mudah bagi Anda untuk mencetak gol penalti. Seorang pemain yang mengambil tendangan penalti adalah pemain tanpa rasa takut,” kata Mourinho. “Saya bangga dengan para pemain. Pemain terbaik seperti Lionel Messi dan Ronaldo juga gagal. Sepak bola memang seperti itu. Inilah hidup….”- Mourinho

“Tak perduli sehebat apapun kita bermain sepanjang 120 menit, tak perduli setangguh apapun kita bertarung, namun saat memasuki adu penalti pemain langsung terjangkit penyakit psikologis dan sangat sulit untuk mencetak gol dalam situasi seperti itu - Frank Lampard

“Saya dan Casillas sudah saling mengenal satu sama lain karena kami pernah bermain bersama selama dua tahun. Itulah alasan kenapa saya menolak menjadi eksekutor adu penalti. Soalnya saya yakin lebih sulit mengambil penalti untuk kali kedua (dalam semifinal liga Champion 2011/2012).,” - Robben




Penalti merupakan suatu istilah dalam olahraga umumnya atau hukuman yang dialami apabila melanggar aturan, dalam sepakbola pinalti adalah hukuman apabila melanggar pemain (melakukan sliding keras atau dirty atau yang tidak diperbolehkan dikotak 12 meter), melanggar segala aturan dikotak 12 meter misalnya pemain (selain kiper) menyentuh bola dengan tangan. Penalti menjadi jalan terakhir untuk menentukan pemenang pada pertandingan sepak bola saat memasuki fase hanya sekali bertanding.

Di dalam penalti hanya ada 2 tokoh yang penting yaitu sang penendang dan sang kiper. Kedua tokoh tersebut sangat mempunyai peran yang berbeda apabila sang penendang mencetak gol berarti penalti berhasil dan apabila sang penendang gagal kemungkinan karena penyelamatan spektakuler dari sang kiper. 
Saat Menjadi Penendang Pinalti  

99% penalti menghasilkan gol, tapi banyak juga kejadian yang dialami pemain profesional yang tidak bisa mencetak gol dalam melakukan tendangan pinalti. Tidak mudah mencetak gol saat penalti, meski untuk sebagian pengamat yang mengatakan bahwa saat berhadapan dengan kiper yang hanya berjarak 12 meter dan lebar gawang hingga 7 meter. Tetapi ketika sudah memasuki lapangan untuk segera menendang bola, maka seorang pemain akan dihinggapi beban mental yang sangat tinggi. Bayang-bayang menjadi seorang pahlawan atau pecundang terus menghinggapi langkah mereka hingga wasit meniup peluit tanda harus dimulainya tendangan eksekusi.
Saat Menjadi Kiper  

Pada kasus penjaga gawang, para kiper akan merasa sangat menyesal jika terjadi gol sementara ia diam saja di tengah gawang. Nah, dengan melakukan lompatan ke kanan atau ke kiri sesuai prediksi penjaga gawang terhadap arah tendangan, mereka akan merasa sudah mencoba untuk menyelamatkan gawang. Kiper adalah faktor lain yang dapat menentukan nasib tim yang mereka bela saat penalti.
 Kalau agan saat penalti memilih menjadi Penendang Atau Kiper???





Sumber : Owunik . blogspot . com - yang unik, emang asyik :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar